Minggu, 01 April 2012

15 LANGKAH WALI KELAS


LIMA BELAS LANGKAH TUGAS WALI KELAS
SMP PLUS DARUL ILMI MURNI

  1. Mengetahui Tugas pokoknya sebagai Wali kelas Yaitu :

    1. Mewakili orang tua dan Kepala Sekolah dalam lingkungan kelasnya.
    2. Membina Kepribadian dan Budi Pekerti siswa di kelasnya.
    3. Membantu Pengembangan Kecerdasan siswa dikelasnya.
    4. Membantu Pengembangan Kepemimpinan siswa dikelasnya.

  1. Mengetahui Jumlah anak didik dikelasnya.

  1. Mengetahui Nama anak didik dikelasnya.

  1. Mengetahui Identitas anak didik dikelasnya, antara lain dengan cara memanggil seorang demi seorang anak didiknya untuk menyesuaikan isi kartu pribadi dengan keadaan sebenarnya (administrasi kelas yang lengkap dan rapi).

  1. Mengetahui kehadiran siswa setiap hari dikelasnya dan memberikan laporan kepada kepala sekolah setiap hari Jum’at, untuk di dicari solusinya dalam rapat pada hari Berikutnya dengan semua majelis guru, sehingga semua permasalahan dikelas dapat diminimalkan dan dituntaskan untuk kelancaran pembelajaran dikelas.

  1. Mengetahui masalah-masalah anak didik di kelasnya seperti masalah Pembelajar- an, ekonomi dan sosial, sama seperti point lima (memberikan laporan kepada Kepala Sekolah) dan juga kepada PKS untuk mengetahui masalah yang sebenarnya.

  1. Mengadakan Penilaian terhadap siswa dikelasnya yaitu : Kelakuan, Kerajinan, dan kerapian dengan menggunakan Buku catatan Khusus dan instrumen yang telah disahkan bersama oleh kelompok walikelas, untuk dicantumkan didalam buku laporan hasil belajar siswa ( LHBS ).

  1. Mengambil tindakan untuk mengatasi masalah siswa dikelasnya, dengan bukti bukti pelanggaran yang tertulis yang telah dibukukan dan didokumenkan yang telah disahkan dengan penanda tanganan , yang penyelesaiannya melalui mekanisme yang jelas (Guru, guru Pembina, PKS, dan Kepala Sekolah/Mejelis guru).

  1. Memperhatikan Prestasi siswa (Nilai Harian,Nilai Bulanan, Nilai ujian Semester, Ujian Akhir) dan memotivasi siswa dalam belajar sehingga siswa yang remedial dapat terlak sana dengan baik dan tepat waktu sehingga semua siswa dikelasnya tuntas untuk semua mata pelajaran dan tidak menjadi kendala dalam persyaratan nilai  kenaikan kelas serta kriteria untuk lulus ujian akhir atau ujian Nasional.
  2. Setiap hari (pagi dan siang) memperhatikan kebersihan didalam kelas dan dilingkungan sekitar kelasnya dalam keadaan selalu bersih dan kondisi yang selalu dalam indah dengan menghias kelasnya dengan acesories yang terjaga dengan baik, baik bunga maupun tulisan dalam bentuk ajakan dan kata-kata mutiara (Indoensia,Inggris dan arab),untuk menjamin Kesehatan dan Kesejahteraan siswa di kelas tersebut.

  1. Membina Suasana Kekeluargaan dikelas dengan selalu memberikan Nasehat kepada siswanya setiap saat, agar wali Kelas benar-benar menjadi orang tua kedua bagi siswa sehingga prilaku siswa dapat terbina dan terkendali.

  1. Menyampaikan Perkembangan belajar dan kepribadian peserta didik masing – masing wali kelas kepada orang tua siswa, minimal sekali dalam satu bulan.

  1. Berkoordinasi dengan Pembina Asrama tentang perkembangan belajar, kehadiran dan prilaku peserta didik masing – masing wali kelas bagi siswa/i Asrama.

  1. Menjalankan tugas piket secara bergiliran sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan oleh sekolah.

  1. Memberikan Laporan kepada Kepala sekolah secara kontinu, yaitu :     
    1. Laporan absensi siswa disampaikan Setiap hari Jum’at.
    2. Laporan keadaan guru yang mengajar dan keadaan PBM dan penunjang lainnya dikelasnya yang disampaikan setiap hari Jum’at.

 Catatan Khusus Kepala Sekolah untuk Wali Kelas :

1.      Semua Wali Kelas setiap Pukul 12.20 Wib dan 16.00 Wib, agar kekelas masing-masing untuk menyuruh siswanya Sholat Zuhur dan Ashar berjamaah, tempat Sholat adalah : Mesjid Besar Darul Ilmi Murni.

  2.  Semua wali kelas agar kekelasnya masing-masing untuk menyuruh siswanya
 segera ketempat kegiatan yang diadakan seperti lapangan Upacara dan Mesjid, agar kegiatan yang kita adakan dapat terlaksana dengan lancar dan tepat
       waktu sehingga tidak menggnggu waktu PBM berikutnya.

  3.  Semua wali Kelas agar dapat membantu Bendahara Yayasan untuk menyampaikan
       pembayaran Uang sekolah paling lambat setiap tanggal 10 setiap bulannya, dan me
       motivasi siswa agar mau membayar tepat pada waktunya.




Deliserdang .... Oktober 2011
Kepala SMP Plus Darul Ilmi Murni




Wildan Diapari Hasibuan, S.Pd


                                                            

                                                          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar