Minggu, 01 April 2012

EVALUASI DIRI SEKOLAH



LAPORAN EVALUASI DIRI SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2011 – 2012







YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM HAJI MASRI
ISLAMIC INTERNATIONAL SCHOOL DARUL ILMI MURNI
SMP SWASTA DARUL ILMI MURNI
STATUS : TERAKREDITASI “A”
Jl. Besar Namorambe Titikuning Telp. 061 – 7033061 Fax. 7033061
Medan Deli Serdang Sumatera Utara



KATA PENGANTAR

 

Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas ijin dan perlindungan yang diberikan kepada penulis sehingga Laporan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) SMP Swasta Darul Ilmi Murni ini dapat dibuat dengan baik.
Kebijakan pembangunan pendidikan nasional sebagaimana digariskan dalam Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Nasional (2010-2014) diarahkan pada upaya mewujudkan daya saing, pencitraan publik, dan akuntabilitas penyelenggaraan pendidikan. Tolak ukur efektivitas implementasi kebijakan tersebut dilihat dari ketercapaian indikator-indikator mutu penyelenggaraan pendidikan yang telah ditetapkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dalam delapan (8) Standar Nasional Pendidikan (SNP). Tidak dipungkiri bahwa upaya strategis jangka panjang untuk mewujudkannya menuntut satu “Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan”  yang dapat membangun kerja sama dan kolaborasi di antara berbagai institusi terkait dalam satu keterpaduan jaringan kerja nasional. Dengan kata lain, diperlukan pengembangan sistem penjaminan mutu pendidikan. Tata kerja yang dibangun mengisyaratkan adanya serangkaian proses dan prosedur untuk mengumpulkan, menganalisis, dan  melaporkan data mengenai kinerja dan mutu tenaga pendidik dan kependidikan, program, dan lembaga beserta rekomendasinya.
Laporan Evaluasi Diri SMP Plus Darul Ilmi Murni ini menyangkut: Standar Sarana dan Prasarana, Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian Pendidikan, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pengelolaan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Pembiayaan.
Penulis mempunyai keterbatasan dalam membuat Laporan yang sempurna, untuk itu diharapkan bimbingan dan perbaikan dari Panitia dan Tim Diklat sehingga Penulis dapat memperbaikinya di masa yang akan datang.
Atas bimbingan dan koreksi yang diberikan, penulis sampaikan terima kasih.



                                                                                    Namorambe 24 Oktober 2011
                                                                                                     Penulis




                                                                                    Wildan Diapari Hasibuan, S.Pd



DAFTAR ISI LAPORAN EVALUSI DIRI SEKOLAH


Nomor

Bagian

Halaman

 

Kata Pengantar

2

 

Pendahuluan

5

1.     

Standar Sarana dan Prasarana

1

1.1.         

Apakah sarana sekolah sudah memadai?

8

1.2.         

Apakah sekolah dalam kondisi terpelihara baik?

11

 

 

 

2.     

Standar Isi

13

2.1.         

Apakah kurikulum  sudah sesuai dan relevan?

14

2.2.         

Bagaimana sekolah menyediakan apa yang dibutuhkan dalam pengembangan pribadi pserta didik?

16

 

 

 

3.     

Standar Proses

17

3.1.         

Apakah silabus sudah sesuai dan relevan?

18

3.2.         

Apakah RPP direncanakan untuk mencapai pembelajaran efektif?

19

3.3.         

Apakah sumber belajar untuk pembelajaran dapat diakses dan dipergunakan secara tepat?

20

3.4.         

Apakah pembelajaran menerapkan prinsip-prinsip PAKEM/CTL?

21

3.5.         

Apakah sekolah memenuhi kebutuhan sarana peserta didik?

22

3.6.         

Bagaimana cara sekolah mempromosikan dan mempertahankan etos pencapaian prestasi?

23

 

 

 

4.     

Standar Penilaian Pendidikan

24

4.1.         

Sistem apakah yang sudah tersedia untuk memberikan penilaian bagi peserta didik, baik dalam bidang akademik maupun non akademik?

25

4.2.         

Bagaimana penilaian berdampak pada proses belajar?

26

4.3.         

Apakah orang tua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka?

27

 

 

 

5.     

Standar Kompetensi Lulusan

28

5.1.         

Apakah peserta didik dapat mencapai prestasi akademik yang diharapkan?

29


Apakah peserta didik dapat mengembangkan potensi secara penuh sebagai anggota masyarakat?
30

Nomor

Bagian

Halaman

 

 

 

6.     

Standar Pengelolaan

31

6.1.         

Apakah kinerja pengelolaan berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat, dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak?

32

6.2.         

Apakah ada tujuan dan rencana untuk perbaikan yang memadai?

33

6.3.         

Dampak rencana pengembangan sekolah terhadap peningkatan hasil belajar

34

6.4.         

Bagaimanakah cara pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid?

35

6.5.         

Bagaimana cara mendukung dan memberikan kesempatan pengembangan profesi bagai para pendidik dan tenaga kependidikan?

36

6.6.         

Bagaimana cara masyarakat sekitar mengambil bagian dalam kehidupan sekolah?

37

 

 

 

7.     

Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

38

7.1.         

Apakah pemenuhan jumlah guru dan pegawai lain sudah memenuhi?

39

 

 

 

8.     

Standar Pembiayaan

41

8.1.         

Bagaimana sekolah mengelola keuangan?

42

8.2.         

Upaya apakah yang telah dilaksanakan oleh sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya?

43

8.3.         

Bagaimana cara sekolah menjamin kesetaraan akses?

44

 

Penutup

45




 




PENDAHULUAN

 

1.    Identitas Sekolah                    

-       Nama Sekolah                     :  SMP Swasta Darul Ilmi Murni
-       Nomor Statistik Sekolah     :  202070102760
-       Alamat                                    :  Jl. Besar Namorambe – Titikuning
-       Nomor Telepon                    :  061-7033061                       

 

2.    Identitas Kepala Sekolah  

-          Nama                               :  Wildan Diapari Hasibuan, S.Pd
-          Tempat, Tgl. Lahir          :  Pasar Matanggor 09 Maret 1983
-          Alamat                              :  Jln. Lukah Gg. Sejahtera No.29 R
   Medan - Amplas
-          Nomor Telepon / HP      :  081376557732 / 085275231234

3.    Jumlah Guru                              :  22 Orang

 

4.    Jumlah Siswa                            : 115 Orang


 

Perkembangan Siswa 3 Tahun Terakhir

No
Kls
2008/2009
2009/2010
2010/2011
L
P
Jlh
L
P
Jlh
L
P
Jlh
1
I
44
12
56
28
22
50
13
14
27
2
II
28
17
45
13
9
22
26
19
45
3
III
30
22
52
29
8
37
15
10
25
Jumlah
102
51
153
70
39
109
54
43
97

    


5.      “SMP Swasta Darul Ilmi Murni” yang berdiri sejak tahun 2005 adalah SMP yang memiliki   Visi dan Misi



  1. VISI SEKOLAH
Mewujudkan SMP Plus Darul Ilmi Murni sebagai sekolah nasional yang menyelenggarakan pendidikan yang bermutu dan terpadu untuk menghasilkan “Qur’ani Generation”          







  1. MISI SEKOLAH
1.    Membentuk siswa yang takwadan memiliki kepedulian terhadap lingkungan maupun masyarakat sosial.
2.    Membentuk siswa yang berkarakter, memiliki jati diri, sehat jasmani dan rohani serta berakhlakul karimah.
3.    Berprestasi dalam ilmu pengetahuan maupun teknologi.
4.    Mengoptimalkan siswa untuk selalu responsive serta mahir di bidang ICT dan Multi Media.

6.    Kondisi lingkungan SMP Plus Darul Ilmi Murni  berada di daerah Delisedang yang terletak di Jalan Besar Namorambe - Titikuning. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah favorit di Kabupate Deliserdang khusunya dan di Sumatera Utara pada umumnya. Sekolah ini telah berdiri sejak tahun 2005. Lulusan dari sekolah ini setiap tahun banyak memasuki SMA negeri favorit di seluruh Indonesia termasuk di Luar Negeri dan alumninya sudah banyak menduduki jabatan di berbagi Instansi Pemerintah maupun Swasta. Hal inilah yang membuat sekolah ini menjadi pilihan pertama bagi alumni SD termasuk sarana dan prasarana yang mendukung seperti ruangan yang telah dilengkapi ICT seperti Infokus, Laptop, AC dan jumlah siswa per kelas yang telah memenuhi standard sehingga siswa dapat belajar dengan tenang dan nyaman. Juga sekolah ini telah bebas mengakses jaringan internet (Wifi) serta ruangan laboratorium IPA, Komputer, Bahasa serta perpustakaan yang berbasis ICT. Disamping sarana olahraga seperti lapangan basket, kolam renang, badminton, futsal, volly yang telah tersedia.




 

 



Text Box: Bagian 1

Sarana dan Prasarana


1.   STANDAR SARANA DAN PRASARANA

1.1.      Apakah sarana sekolah sudah memadai?

Spesifikasi menurut standar sarana dan prasarana

  • Sekolah mematuhi standar terkait dengan sarana dan prasarana (ukuran ruangan, jumlah ruangan, dan persyaratan untuk sistem ventilasi, dll)
  • Sekolah mematuhi standar  terkait dengan jumlah peserta didik dalam kelompok belajar
  • Sekolah mematuhi standar  terkait dengan penyediaan alat dan sumber belajar termasuk buku pelajaran

Indikator Pencapaian

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

-          Catatan mengenai ukuran ruangan, jumlah dan sarana prasarana

-          Jumlah peserta didik

-          Catatan peralatan dan sumber belajar

-          Catatan pengeluaran

-          Kondisi nyata lingkungan sekolah
















Lahan Sekolah :

-       Luas lahan 15 Hektare
-       Rasio luas lahan terhadap peserta didik  165 m2

Bangunan Gedung
-       Rasio luas lantai terhadap peserta didik 198 m2
-       Dilengkapi instalasi listrik dengan daya 10.000 watt

Prasarana dan Sarana
1.       Ruang Kelas :
·         Banyaknya ruang kelas 6  ruang
·         Banyaknya ruang kelas yang memenuhi rasio minimum (2 m2/peserta didik) 6 ruang
·         Sarana ruang kelas tersedia Infocus, komputer, AC/Kipas


 

  

2.       Ruang Perpustakaan
  • Luas Ruang Perpustakaan 165 m2
  • Ruang perpustakaan mudah diakses
  • Sarana ruang perpustakaan tersedia Komputer, kipas, AC

3.       Laboratorium IPA
·         Luas laboratorium 165 m2
·         Sarana laboratorium yang perlatan praktikum

4.       Ruang Pimpinan
·         Luas ruang pimpinan 31  m2
·         Sarana ruang pimpinan yang tersedia internet, komputer,AC, telepon

5.       Ruang Guru
  • Luas lantai 153,3 m2
  • Rasio luas lantai 161.3  m2/pendidik
  • Ruang guru dilengkapi dengan AC, loker guru

6.       Tempat beribadah
·         Luas lantai 390 m2
·         Sarana yang tersedia kipas, peralatan sholat, bedug, kamar mandi, aula, mikrofon, Al-Qur’an

7.       Ruang UKS
·         Luas lantai 48 m2
·         Sarana yang tersedia AC, peralatan kesehatan, kamar mandi

8.       Kamar Mandi
·         Jumlah kamar mandi 6 buah
·         Luas lantai tiap kamar mandi 48.80 m2
·         Setiap kamar mandi tersedia air yang cukup
·         Sarana yang tersedia air, closet, pembersih

9.       Gudang
·         Luas lantai 80 m2
·         Sarana yang tersedia alat-alat pertukangan


 

 

10.   Ruang Sirkulasi

11.   Tempat Bermain / Berolahraga
·         Tempat bermain berfungsi sebagai  area bermain, berolah raga, pendidikan jasmani, upacara, dan kegiatan ekstra kurikuler.
·         Tempat Olahraga yang tersedia : Lapangan Basket, Lapangan Volly, Lapangan Futsal, Kolam Renang, Lapangan badminton
·         Luas tempat bermain/berolah raga 2.592 m2.
·         Rasio tempat bermain/berolahraga 1 : 1,85 m2/peserta didik


12.   Ruang Tata Usaha
·         Luas ruangan 31 m2
·         Sarana yang tersedia dalam ruang tata usaha komputer, internet, AC

13.   Ruang Konseling
·         Luas ruangan 48 m2
·         Sarana yang tersedia dalam ruang konseling ruang konsul dan kipas angin


 





1.2.             Apakah sekolah dalam kondisi terpelihara dan baik?

Spesifikasi dalam standar sarana dan prasarana

q Bangunan

Ÿ  Pemeliharaan bangunan dilaksanakan paling tidak setiap 5 tahun sekali

Ÿ  Bangunan  mudah, aman, dan nyaman untuk semua peserta didik, termasuk  penyandang cacat .

Indikator Pencapaian

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

·      Catatan pengeluaran

Pemeliharaan Bangunan

  • Kami membuat pemelihaharaan jangka pendek, jangka menengah, jangka panjang
  • Kami melaksanakan program pemeliharaan setiap tahun
  • Kami memiliki program 7 K
  • Kami melaksanakan program 7 K setiap hari

Kondisi Bangunan
·         Kemudahan Akses
ü  Jalan menuju sekolah ada dan berfungsi
ü  Sekolah kami mudah dijangkau

·         Keamanan
ü  Sekolah kami dikelilingi pagar
ü  Bangunan gedung dilengkapi dengan penangkal petir
ü  Sekolah kami memiliki petugas keamanan / SATPAM

·         Kebersihan
ü  Sekolah dalam keadaan bersih
ü  Sekolah memiliki tempat sampah yang cukup
ü  Sekolah kami memilki tempat pembuangan air

 


·      Observasi

 

·      Pendapat peserta didik

·      Pendapat guru

·      Kehadiran peserta didik yang berkebutuhan khusus

 

 


.



·         Keindahan
ü  Keindahan terpelihara
ü  Sekolah memiliki taman yang terpelihara
ü  Sekolah kami rindang

·         Kenyamanan
ü  Suasana sekolah kami nyaman
ü  Suasana sekolah kami aman







Text Box: Bagian 2

Standar Isi



2.       STANDAR ISI

2.1.             Apakah kurikulum sudah sesuai dan relevan?

Spesifikasi dalam standar isi

 

q Kerangka kerja dasar dan struktur kurikulum
Ÿ  Kurikulum mata pelajaran memenuhi standar untuk jenis  satuan pendidikan
q Kurikulum untuk tingkat satuan pendidikan
Ÿ Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan mempergunakan panduan yang memadai  yang disusun BNSP.
Ÿ Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat dan kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran

Bukti prestasi sekolah (Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Silabus  dan RPP tersedia untuk  semua mata pelajaran   dan semua tingkatan  kelas di sekolah

Kerangka Dasar Kurikulum

-       Kurikulum sekolah kami sesuai dengan standar, standar kompetensi  lulusan dan panduan  KTSP dan penyusunannya  disesuaikan  dengan ciri khas  dan kebutuhan daerah

Struktur Kurikulum
-       Kurikulum sekolah kami memuat 16 (mata pelajaran, muatan local, pengembangan diri)
-       Jumlah jam pembelajaran perminggu adalah 41 jam pembelajaran
-       Alokasi waktu tiap jam pembelajaran adalah 40 menit
-       Jumlah minggu efektif dalam setahun 42 minggu
-       Silabus tersedia untuk semua mata pelajaran, termasuk mata pelajaran muatan local
-       RPP tersedia untuk semua mata pelajaran, termasuk mata pelajaran muatan local

 

Silabus dan RPP tersedia untuk mata pelajaran tambahan untuk memenuhi kebutuhan daerah

Hasil wawancara dengan orang tua peserta didik

Rancangan program  remedial dan pengayaan



Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran
-       Sekolah kami memiliki Tim Pengembang Kurikulum
-       Dalam penyusunan kurikulum kami melibatkan Kepala Sekolah, Pendidik, Komite Sekolah, Konsultan
-       Kami menyusun kurikulum menggunakan Panduan Penyusunan Kurikulum dari BNSP

-       Kurikulum sekolah kami disusun setiap tahun, 1 tahun sekali

-       Kurikulum kami memuat muatan lokal yang disesuaikan dengan kebutuhan daerah yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Arab
-       Kurikulum kami memuat pengembangan diri yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, yaitu kelompok karya ilmiah, olimpiade, olahraga, sanggar dan seni

Rancangan program remedial dan pengayaan
-       Struktur kurikulum  sekolah  kami telah mengalokasikan  waktu yang cukupbagi peserta didik  agar dapat  memamahi konsep  yang baru  sebelum melanjutkan   ke pelajaran  berikutnya dengan   selalu  melaksanakan  program remedial dan pengayaan





















 

..

2.2.             Bagaimana sekolah menyediakan apa yang dibutuhkan dalam pengembangan pribadi peserta didik?

Spesifikasi dalam standar isi

 

§  Sekolah mematuhi standar untuk memenuhi  kebutuhan   pribadi  peserta didik  yang meliputi  bimbingan, konseling dan kegiatan ekstra kurikuler

Bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Hasil wawancara peserta didik

     Ekstra Kurikuler :

-       Kami menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler : Taekwondo, Silat, Basket, Futsal, Renang, Kaligrafi, Tahsin Al-Qu’an, Conversation
-       Kami memnyelenggarakan berdasarkan kebutuhan peserta didik  (Jenis kelamin, minat, bakat, dan usia peserta didik)
-       Kami mengorganisasikan kegiatan ekstra kurikuler (Program/Perencanaan, catatan kegiatan, evaluasi, rencana tidak lanjut)

     Bimbingan dan Konseling
-       Kami menyelenggarakan kegiatan Bimbingan dan Konseling
-       Kami mengorganisasikan kegiatan Bimbingan dan Konseling (Program/Perencanaan, catatan kegiatan, evaluasi, rencana tidak lanjut)

 

Hasil wawancara orang tua peserta didik
Hasil observasi layanan BK  

Buku laporan  layanan BK














Text Box: Bagian 3

Standar Proses Belajar











3.       STANDAR PROSES BELAJAR

3.1.             Apakah silabus sudah sesuai dan relevan dengan standar ?

Spesifikasi dalam standar proses belajar

 

Standar proses belajar

A: Silabus
Ÿ Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan dan Panduan Kurikulum (KTSP)

Ÿ Silabus diarahkan pada pencapaian Standar Kompetensi Lulusan

Bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Silabus tersedia untuk semua mata pelajaran dan semua kelompok usia di sekolah

 

-       100% ( 20 orang) pendidik pada sekolah kami memiliki silabus
-       Silabus dikembangkan didasarkan pada Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan dan KTSP
-       Silabus mengarah pada pada pencapaian SKL
-       Silabus selalu dikaji setiap tahun untuk disesuaikan dengan perubahan kebutuhan pembelajaran.

 

100 %


Hasil wawancara dengan orang tua peserta didik

Hasil asilHwawancara dengan peserta didik















 ..

3.2.             Apakah RPP direncanakan untuk mencapai pembelajaran efektif ?

Spesifikasi dalam standar proses belajar


B: Rencana Pelaksanaan Pembelajar
Ÿ  Prinsip- prinsip perencanaan pembelajaran - Setiap guru harus mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mencakup identitas mata pelajaran, standar kompetensi, tujuan belajar, bahan mengajar, alokasi waktu,  metode belajar dan evaluasi. Kegiatan belajar mencakup pendahuluan, kegiatan inti , dan penutup

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Hasil kaji ulang  RPP

 

-       100 % ( 20 orang ) pendidik di sekolah kami menyusun Program Semester dan Program Tahunan
-       100 % ( 20  orang ) pendidik memiliki Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
-       RPP dikaji/direvieu setiap tahun
-       RPP mencakup/memuat Identitas mata pelajaran, SK, KD, Indikator pencapaian, Tujuan pembelajaran, Materi ajar, alokasi waktu, Metode pembelajaran, Kegiatan pembelajaran, Penilaian hasil Belajar dan sumber belajar

 

Hasil observasi kelas

Hasil wawancara  guru

Hasil wawancara peserta didik



















.

3.3.             Apakah sumber belajar untuk pembelajaran dapat diakses dan dipergunakan secara  tepat?

 

Spesifikasi dalam standar proses belajar


Implementasi / Pelaksanan Proses Belajar
·      Selain buku text pelajaran, guru menggunakan buku panduan guru, buku pengayaan, buku referensi dan sumber belajar lainnya

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda pada jenis bukti berikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Jumlah dan jenis buku pelajaran yang dipergunakan

-       Sumber belajar yang tersedia buku teks, buku pengayaan, buku referensi, perpustakaan, laboratorium, Lingkungan dan lainnya
-       Buku teks cukup untuk satu siswa satu buku
-       Selain teks, guru menggunakan sumber belajar lainnya yaitu Panduan guru, buku pengayaan, buku referensi, buku sumber belajar lainnya
-       Sebagian besar guru kami memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar
-       Sebagian besar siswa memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar

 




Ketersediaan dan penggunaan bahan bacaan pengayaan / tambahan

Hasil observasi kelas menunjukkan penggunaan alat peraga dan hasil karya peserta didik dipajang
Hasil wawancara dengan peserta didik














 ..

3.4.             Apakah  pembelajaran  menerapkan prinsip-prinsip PAKEM/CTL?

Spesifikasi dalam standar proses belajar

q Implementasi proses belajar
Ÿ  Para guru mengimplementasikan rencana belajar dengan mempergunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik 
Ÿ  Para peserta didik memperoleh kesempatan untuk  melakukan ekplorasi, elaborasi dan  konfirmasi
Ÿ  Para Guru memiliki kemampuan  mengimplementasikan pengelolaan kelas yang efektif

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Daftar jumlah siswa  putus  sekolah

 

-       100 % (20 orang) pendidik melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang disiapkanny.
-       Dalam proses pembelajaran 100 % (20 orang) pendidik menggunakan metode yang interaktif,inspiratif, menyenangkan,menantang, dan memotivasi peserta didik
-       Dalam proses pembelajaran 100 % (20 orang) pendidik menerapkan siklus pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan, (eksploratif, kolaboratif, konfirmatif)
-       100 % (20 orang) pendidik mengelola kelas secara efektif  (mengatur tempat duduk sesuai karakter pembelajaran, memajang hasil karya siswa)

 

Daftar kehadiran peserta didik

Hasil wawacara dengan guru dan peserta didik

Hasil observasi sesama guru

Hasil observasi kegiatan pembelajaran

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan kaji ulang  setelah menyampaikan pengajaran

 


















3.5.             Apakah sekolah memenuhi  kebutuhan semua peserta didik?

Spesifikasi dalam standar proses belajar


q Perencanaan proses belajar
Ÿ  Rencana pembelajaran dengan memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik.

q  Implementasi proses belajar
Ÿ  Guru menggabungkan pendekatan tematis dan mendorong dipertimbangkanya isu keanekaragaman dan lintas budaya
Ÿ  Guru menghargai pendapat peserta didik
Ÿ  Guru menghargai peserta didik tanpa memandang agama, ras, jenis kelamin dan keadaan sosial ekonomi mereka

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Prestasi peserta didik dalam Ujian Nasional

     Perencanaan Proses Belajar
-       100 % ( 20 orang) pendidik dalam menyusun Rencana Pembelajaran memperhatikan segala perbedaan kebutuhan pada peserta didik

 

 

Catatan kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan

Kehadiran peserta didik
Hasil observasi sesama guru
Rencana pembelajaran (RPP)  guru





Implementasi Proses Belajar

-          100 % pendidik menggabungkan pendekatan tematis dan mempertimbangkan isu keanekaragaman dan lintas budaya
-          100 % (20 orang) pendidik menawarkan bantuan atau penjelasan tambahan bagi sebagian peserta didik setelah jam sekolah
-          100 % (20 orang) pendidik memberi respon positif terhadap pendapat yang dikemukakan peserta didik


..
3.6.             Bagaimana cara sekolah meningkatkan dan mempertahankan semangat ber prestasi ?

Spesifikasi dalam standar proses belajar

 

·          Implementasi Proses Belajar
q   Semua anak didik mendapat perlakuan adil dan pendapat mereka dihargai
q   Guru-guru memberikan penguatan dan umpan balik terhadap respons dan hasil belajar peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Hasil observasi terhadap sikap guru terhadap anak didik, khususnya dalam hal memberikan pujian.
-          100% (20 orang) pendidik dalam proses pembelajaran selalu menciptakan hubungan baik antara pendidik dan peserta didik
-          Semua peserta didik kami diperlakukan dengan hormat/baik dan diharapkan menunjukkan tanggung jawab dan dukungan bagi sesama peserta didik
-          100 % (20 orang) pendidik selalu memberi penghargaan kepada siswa yang menunjukkan keberhasilan
-          Peserta didik dan para pendidik memiliki keinginan berprestasi dan mengharapkan pihak lainpun demikian
-          100 % (20 orang) pendidik selalu memberi penguatan terhadap hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran berlangsung

 

Hasil pekerjaan peserta  didik dipajang di kelas
Hasil observasi  perilaku guru  yang relevan











Text Box: Bagian 4


Standar Penilaian



4. Standar Penilaian

4.1 Sistem apakah yang sudah tersedia untuk memberikan penilaian bagi peserta didik baik dalam bidang akademik maupun non akademik ?

Spesifikasi dalam standar evaluasi
·         Guru membuat perencanaan penilaian terhadap pencapaian peserta didik
·         Guru memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
·         Guru melaksanakan penilaian pada interval yang reguler berdasarkan rencana yang telah dibuat
·         Guru menerapkan berbagai teknik penilaian dan jenis penilaian untuk memonitor perkembangan dan kesulitan peserta didik

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Pencapaian peserta didik dalam Ujian Nasional

-          100 % (20 orang) pendidik ) membuat perencanaan penilaian terhadap pencapaian peserta didik  (Kisi-kisi soal, Naskah soal, Kunci Jawaban, Rubrik Penilaian)

-          100 % (20 orang) pendidik meyusun KKM untuk mata pelajaran yang akan diujikan
-          100 % (20 orang) pendidik menginformasikan rubrik penilaian dan KKM kepada peserta didik
-          100% (20 orang) pendidik melaksanakan ulangan secara berkala sesuai dengan rencana untuk setiap mata pelajaran
-          100 % (20 orang) pendidik menerapkan berbagai tehnik dan jenis penilaian untuk memonitor perkembangan dan berbagai kesulitan peserta didik (tes, observasi, penugasan, unjuk kerja, diskusi, kerja kelompok)

 

Kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan (berdasarkan UH, UTS dan UAS)

Wawancara dengan orang tua dan peserta didik
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
















4.2    Bagaimana  penilaian berdampak pada  proses belajar ?

Spesifikasi dalam standard proses belajar


q Evaluasi / Penilaian oleh guru
Ÿ  Guru memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik
Ÿ  Guru mempergunakan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Pencapaian peserta didik dalam Ujian Nasional

-            100 % (20orang) pendidik mereviu tingkat kemajuan semua peserta didik pada akhir setiap semester dan mempergunakan informasi untuk merencanakan program pembelajaran selanjutnya


-            100 % (20 orang) pendidik menyusun dan melaksanakan analisa hasil belajar dan menyusun/melaksanakan rencana tindak lanjutnya

-            100 % (20 orang) pendidik melaksanakan perbaikan dan pengayaan terhadap peserta didik dan melaporkan hasilnya kepada orangtua peserta didik

-            100 % (20 orang) pendidik secara rutin menyimpan catatan dan memastikan kemajuan peserta didik dalam tingkat yang sesuai dengan cara mempergunakan penilaian untuk memberikan masukan dalam perencanaan mereka


-            100% (20 orang) pendidik melaporkan hasil penilaian yang disertai komentar perbaikan kepada orangtua peserta didik

 

Kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan

Wawancara dengan orang tua dan peserta didik
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran






















4.3. Apakah orang tua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka ?

Spesifikasi dalam standar penilaian

·         Penilaian berdasarkan  unit pendidikan

Sekolah  melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran  pada setiap akhir semester kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk  buku laporan pendidikan

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Wawancara peserta didik

-          Sekolah  melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran  pada setiap akhir semester kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk  buku laporan pendidikan


-          Sekolah melaporkan hasil Bimbingan dan Konseling terhadap orangtua peserta didik

 

Wawancara orang tua
Wawancara guru
Laporan kegiatan sekolah






















Text Box: Bagian 5


Standar Kompetensi Lulusan

















5. Kompetensi Lulusan
5.1.             Apakah peserta didik dapat mencapai pencapaian akademis yang diharapkan ?

Spesifikasi dalam  Standar Kompetensi Lulusan

q  Hasil belajar peserta didik sesuai dengan Standar Kompetensi  Lulusan

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Hasil Ujian Nasional / Sekolah

-          Peserta ujian ( siswa kelas dua belas) memiliki rata-rata nilai ujian melebihi standar ketuntasan belajar nasional pada seluruh mata pelajaran, sesuai standar nasional pada mata pelajaran tertentu, masih di bawah standar nasional pada mata pelajaran tertentu, masih di bawah standar nasional untuk semua mata pelajaran

-          Siswa memiliki rata-rata nilai (raport) melebihi standar ketuntasan belajar nasional pada seluruh mata pelajaran, sesuai standar nasional pada mata pelajaran tertentu, masih di bawah standar nasional pada mata pelajaran tertentu, masih di bawah standar nasional untuk semua mata pelajaran

-          Pencapaian prestasi akademik peserta didik mengalami kemajuan dari tahun ke tahun.

 

Hasil-hasil tes
Mutu pekerjaan sekolah yang dihasilkan dalam bidang akademik
Hasil-hasil yang dicapai secara perorangan atau bersama















..






5.2.             Apakah peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat ?

Spesifikasi dalam  Standar Kompetensi Lulusan

q  Sekolah mengembangkan kepribadian peserta didik
q  Sekolah mengembangkan ketrampilan hidup
q  Sekolah mengembangkan nilai-nilai agama, budaya dan pemahaman atas sikap yang dapat diterima

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Catatan pencapaian pribadi dan sosial peserta didik

-          100 % peserta didik berperilaku sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku
-          100 % peserta didik menerapkan ajaran agama dalam kehidupan mereka secara konsisten
-          Potensi dan minat dari 100 % peserta didik  telah berkembang melalui partisipasi mereka dalam berbagai jenis kegiatan
-          Sekolah menyediakan berbagai kegiatan pengembangan diri

 

Kehadiran peserta didik pada kegiatan ekstra kurikuler
Pencapaian dalam olahraga
Catatan mengenai program budaya
















Text Box: Bagian 6

Standar Pengelolaan



6.         Standar Pengelolaan
6.1.             Apakah kinerja pengelolaan berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak ?  

Spesifikasi dalam standar pengelolaan

 

·         Perencanaan Program

q  Sekolah merumuskan visi dan misi serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan  pihak berkepentingan
q  Rencana kerja tahunan dijadikan dasar pengelolaan sekolah/madrasah yang ditunjukkan dengan kemandirian,  kemitraan, partisipasi, keterbukaan dan akuntabilitas

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Pernyataan Visi dan Misi sekolah
-          Sekolah memiliki Komite Sekolah
-          Komite Sekolah memiliki Struktur Organisasi yang lengkap dengan tupoksi, AD ART, Rencana Kerja, Catatan Kegiatan, Kep Mendiknas RI. No. 044/U/202. Tentang Dewan pendidikan dan Komite Sekolah, dan UU. Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tingkat Sisitem Pendidikan Nasional

-          Sekolah memiliki Visi dan Visi
-          Dalam perumusan dan penyusunan Visi dan Misi sekolah melibatkan Kepala Sekolah, Pendidik, Tenaga Kependidikan, Komite Sekolah, Orangtua peserta didik, Tokoh masyarakat sekolah
-          Visi dan Misi Sekolah disosialisasikan kepada Semua warga sekolah, Orangtua Siswa, Masyarakat Sekitar
-          Visi dan Misi telah difahami oleh Semua warga sekolah, Orangtua Siswa, Masyarakat Sekitar
-          Sekolah merevieu Visi dan Misi secara berkala
-          Kepala Sekolah memiliki Rencana Kerja
-          Pimpinan sekolah kami mendorong evaluasi diri dan memperkuat budaya dimana seluruh staf merasa mampu dan percaya diri membangun mutu  baik di kelas maupun di luar kelas sesuai Rencana Kerja Sekolah

 

Dokumen penyebarluasan rumusan visi dan misi kepada pemangku kepentingan
Agenda/catatan hasil pertemuan komite sekolah
Dokumen/bukti lainnya













..



6.2.             Apakah ada tujuan dan rencana untuk perbaikan yang memadai ?

Spesifikasi dalam standar pengelolaan


·         Perencanaan Program
      Sekolah merumuskan tujuan yang jelas dan rencana kerja untuk pengembangan dan perbaikan dan disosialisasikan kepada warga sekolah dan pihak yang berkepentingan

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Tujuan dan Rencana Pengembangan Sekolah / RPS  - Rencana Kerja Sekolah / RKS

 

-          Sekolah memilik rencana kerja yang jelas dan relevan untuk jalannya sekolah dengan lancar

-          Dalam menyusun program kerja, kepala sekolah melibatkan Pendidik, Tata Usaha, Penjaga, Peserta Didik
-          Rencana kerja sekolah disosialisasikan kepada peserta didik, orang tua, pendidik, tenaga kependidikan, pemangku kepentingan agar dipahami dengan baik
-          Sekolah mengevaluasi program kerja secara berkala dan membuat program tindak lanjut hasil evaluasi
-          Sekolah menyusun tujuan sekolah yang dibuat berdasarkan hasil yang akan dicapai bagi para peserta didik dan sejalan dengan prioritas daerah dan pusat
-          Tujuan sekolah disosialisasikan kepada peserta didik, orang tua, pendidik, tenaga kependidikan, pemangku kepentingan agar dipahami dengan baik
-          Sekolah menyusun Rencana Pengembangan Sekolah
-          Rencana Pengembangan Sekolah didasarkan pada hasil Evaluasi Diri Sekolah
-          Rencana Pengembangan Sekolah disosialisasika kepada warga sekolah, masyarakat sekitar

 

Pendokumentasian dan sosialisasi RPS-RKS





















..

6.3.             Dampak Rencana Pengembangan Sekolah / Rencana Kerja Sekolah  terhadap peningkatan hasil belajar?

Spesifikasi dalam standar pengelolaan

Perencanaan Program
q Rencana Kerja tahunan dinyatakan dalam rencana kegiatan dan anggaran sekolah/madrasah dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah
Supervisi dan Penilaian
q Sekolah melakukan evaluasi diri terhadap kinerja  sekolah
q Sekolah menetapkan prioritas indikator untuk mengukur, menilai kinerja, dan melakukan perbaikan dalam rangka pelaksanaan SNP

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Laporan evaluasi diri sekolah

-          Sekolah menyusun RKAS sebagai implementasi Rencana Kerja Tahunan yang didasarkan pada rencana jangka menengah
-          Sekolah melaksanakan  melaksanakan evaluasi diri sekolah secara berkala
-          Sekolah menyusun  menyusun Laporan Evaluasi Diri sekolah
-          Sekolah membua  membuat Rencana Tindak Lanjut dari hasil evaluasi diri sekolah
-          Sekolah menyusun  menyusun  indicator keberhasilan sekolah
-          Sekolah menetapkan menetapkan prioritas kegiatan perbaikan kinerja sekolah
-          Sekolah mensosialisasikan mensosialisasikan indicator keberhasilan dan prioritas perbaikan kinerja

 

Kemajuan dalam implementasi rencana pengembangan sekolah
Interviu dengan peserta didik
Interviu dengan orang tua
Laporan guru kepada kepala sekolah mengenai pencapaian mereka












....





6.4.             Bagaimanakah cara pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid ?

Spesifikasi dalam standar pengelolaan


q  Sekolah mengelola sistem informasi pengelolaan dengan cara yang memadai, efektif, efisian dan dapat dipertanggung jawabkan
q  Sekolah menyediakan sistem informasi yang efisien, efektif dan dapat diakses
q  Sekolah menyediakan laporan dan data yang dibutuhkan oleh kabupaten dan tingkatan lain dalam sistem

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Informasi dan data mutakhir dan dapat diandalkan

 

-          Sekolah memiliki program pengelolaan informasi berupa perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, tindak lanjut
-          Sarana informasi yang tersedia Website, telepon, papan pengumuman
-          Stake holder mudah mengakses informasi tentang pengelolaan sekolah
-          Sekolah memiliki petugas pelayanan informasi
-          Sekolah memiliki data pengelolaan sekolah yang lengkap
-          Sekolah melaporkan data pengelolaan sekolah kepada dinas terkait secara rutin

 

Rencana Pengembangan sekolah berdasarkan bukti-bukti yang ditujukan dari data
Diknas kabupaten memiliki  catatan mengenai kegiatan dan pencapaian sekolah

















..






6.5.             Bagaimanakan cara mendukung dan memberikan kesempatan pengembangan profesi bagi para guru dan tenaga kependidikan

Spesifikasi dalam standar pengelolaan


Pendidik dan Tenaga Kependidikan
q  Sekolah mengatur kefektifan program pendidik dan tenaga kependidikan, termasuk pengembangan profesi 
Supervisi dan Evaluasi
q  Supevisi dan evaluasi terhadap pendidik dan tenaga kependidikan dilaksanakan sesuai dengan standar guru dan tenaga kependidikan

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Penilaian tahunan guru dan pegawai lain oleh kepala sekolah

 

-          Sekolah memiliki program pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan
-          Program pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan yang dilaksanakan sekolah adalah pembagian tugas, pemberian penghargaan, pengembangan profesi
-          Sekolah mempromosikan  pendidik dan tenaga kependidikan
-          Sekolah memiliki program peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan
-          Sekolah memfasilitasi pendidik dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan kompetensinya
-          Kepala Sekolah membuat program supervisi pengelolaan secara rutin dan berkala
-          Kepala Sekolah melaksanakan supervisi pengelolaan dan menindaklanjutinya sesuai program yang telah dibuat
-          Kepala Sekolah membuat supervisi pembelajaran secara rutin dan berkala
-          Kepala Sekolah melaksanakan supervisi pembelajaran dan menindaklanjutinya sesuai program yang telah dibuat

 

Interviu guru
Observasi
Laporan guru kepada kepala sekolah mengenai prestasi yang dicapai
Perbaikan dan pengembangan guru dari waktu ke waktu











..



6.6.             Bagaimanakan cara masyarakat daerah mengambil bagian dalam kehidupan sekolah?

Spesifikasi dalam standar pengelolaan


q  Sekolah melibatkan anggota masyarakat dan publik dalam mengelola aspek non akademis sekolah 
q  Warga sekolah harus dilibatkan dalam pengelolaan akademis dan non akademis

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Catatan mengenai dukungan komite sekolah

-          Masyarakat pendukung sekolah dilibatkan dalam pengelolaan non akademik
-          Sekolah menjalin kemitraan dengan Komite Sekolah, Masyarakat sekitar, Lembaga kemasyarakatan, Dunia Usaha, Pemerintah setempat, Sekolah mitra, Asisiasi alumni dalam kegiatan non akademik
-          Semua warga sekolah terlibat dalam semua kegiatan sekolah

 

Tingkat pendaftaran peserta didik
Interviu dengan perwakilan masyarakat setempat




























Text Box: Bagian 7

Standar Pendidik dan Tenaga Pendidik















7.         STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA PENDIDIKAN

7.1.             Apakah pemenuhan jumlah guru dan pegawai lain sudah memadai ?
Spesifikasi dalam standar pendidik dan tenaga kependidikan
q  Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan memenuhi standar
q  Kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan memenuhi standar
q  Pendidik  dan tenaga kependidikan memenuhi standar kompetensi

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Jumlah dan kualifikasi guru

Kepala Sekolah

-          Tingkat pendidikan Kepala Sekolah S-1
-          Jenis Pendidikan : Kependidikan
-          Kepala Sekolah belum tersertifikasi

Guru
-          Jumlah guru mata pelajaran 20 orang, cukup
-          100 % (20 orang) guru berijazah pendidikan
-          100 % (20 orang guru) memiliki latar pendidikan sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkannya

 

Jumlah dan kualifikasi tenaga pendidik
Beban mengajar guru
Laporan kepala sekolah mengenai supervisi guru
Penilaian terhadap guru dan tenaga pendidik

















































Tenaga Kependidikan yang kami miliki :


  1. Tenaga Administrasi
-          PNS Jumlah 2 orang, NON PNS Jumlah 2 Orang ,Tidak Cukup
-          PNS Pendidikan   SMA = 2, NON PNS   D3=1 + SMA = 1

  1. Dokter UKS
-          Jumlah 1 orang, cukup
-          Pendidikan Dokter = 1

  1. Pustakawan
-          Jumlah 1 orang, Tidak cukup
-          Pendidikan D3 = 1

  1. Konselor
-          Jumlah 5 orang, cukup
-          Pendidikan S1 = 5

  1. Penjaga Sekolah / Satpam
-          Jumlah 1 orang, Tidak cukup
-          Pendidikan  SD = 1

  1. Tukang kebun
-          Jumlah 1 orang, Tidak cukup
-          Pendidikan SD = 1

  1. Kebersihan
-          Jumlah 1 orang, Tidak Cukup cukup
-          Pendidikan SMP = 1






Text Box: Bagian 8


Standar Pembiayaan



8. Standar Pembiayaan
8.1 Bagaimana sekolah mengelola keuangan?

Spesifikasi dalam standar pembiayaan

 

Ÿ  Pengelolaan keuangan sekolah
q Anggaran sekolah dirumuskan merujuk peraturan pemerintah pusat dan daerah
q Pengelolaan keuangan sekolah transparan, efisien, dan akuntabel.
q Sekolah membuat pelaporan  keuangan kepada pemerintah dan pemangku kepentingan.

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

RAPBS jangka panjang, menengah, dan tahunan
-          RAPBS dirumuskan merujuk  pada peraturan pemerintah.
-          Penyusunan RAPBS melibatkan Kepala sekolah, Pendidik, Tenaga Kependidikan, Komite Sekolah, Orangtua Peserta Didik, Tokoh Masyarakat
-          Sekolah melakukan pembukuan keuangan yang dilengkapi dengan bukti pengeluaran yang sah.
-          Sekolah memajang laporan kinerja efektifitas anggaran di Ruang Kepala Sekolah
-          Pendapatan dan pengeluaran keuangan sekolah dilaporkan secara periodik kepada pemerintah dan pemangku kepentingan.
-          Sekolah melakukan pertanggung jawaban penggunaan keuangan secara menyeluruh kepada pemerintah dan pemangku kepentingan.

 

Laporan pendapatan dan penggunaan keuangan sekolah kepada pemerintah dan pemangku kepentingan.
Pembukuan keuangan sekolah
Wawancara dengan komite sekolah dan pemangku kepentingan yang relevan

Catatan hasil pertemuan dengan komite sekolah dan pemangku kepentigan yang relevan.












8.2  Upaya apakah yang telah dilaksanakan oleh sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya?

Spesifikasi dalam standar pembiayaan

q Sekolah  memiliki kapasitas untuk mencari dana dengan inisiatifnya sendiri

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

RAPBS jangka panjang, menengah, dan tahunan

 

-          Sekolah kami menjalin kemitraan dengan BANK SUMUT


-          Sekolah kami mengembangkan hubungan kerjasama dengan pemangku kepentingan khususnya orang tua yang mampu membantu sekolah kami

-          Sekolah kami  melanjutkan hubungan kami dengan alumni.

 

Catatan alumni
Catatan hasil pertemuan dengan pemangku kepentigan yang relevan
Catatan pendapatan dari semua sumber
Interviu dengan komite sekolah dan pemangku kepentigan yang relevan.

















8.3 Bagaimana cara sekolah menjamin kesetaraan akses?

Spesifikasi dalam standard pembiayaan


q SPP siswa sekolah ditentukan berdasarkan kemampuan ekonomi orang tua
q Sekolah melakukan subsidi silang kepada siswa kurang mampu di bidang ekonomi

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Angka peserta didik yang masuk dan keluar


-          Sekolah kami tidak membebaskan semua peserta didik dari segala bentuk pembiayaan penyelenggaraan pendidikan.

-          Sekolah kami menerima semua anak usia sekolah dari berbagai tingkatan sosial ekonomi.

 

Wawancara dengan anak didik

Wawancara dengan orang tua
Wawancara dengan yang mewakili masyarakat
Wawancara perwakilan masyarakat daerah
Catatan SPPyang dibayarkan
Tingkat putus sekolah



























 

 

PENUTUP

 

Demikian Laporan Evaluasi Diri SMP Swasta Darul Ilmi Murni Tahun Pelajaran 2011/2012 dibuat sesuai dengan data yang ada, kami yakin masih banyak kekurangan untuk itu kami mengharapkan bimbingan dan arahan serta kritik yang membangun demi perbaikan Laporan Evaluasi Diri SMP Swasta Darul Ilmi Murni untuk selanjutnya.
Atas bimbingan dan arahan yang diberikan kami haturkan terima kasih.


                                                                        Namorambe 24 Oktober 2011 
Ketua Komite,                                               Kepala SMP Swasta Darul Ilmi Murni
SMP Swasta Darul Ilmi Murni




Dra. Sri Hastini                                            Wildan Diapari Hasibuan, S.Pd
                                                                                                 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar