YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM HAJI MASRI
ISLAMIC INTERNATIONAL SCHOOL DARUL ILMI MURNI
SMP SWASTA DARUL ILMI MURNI
STATUS : TERAKREDITASI “A”
Jl. Besar Namorambe Titikuning Telp. 061 – 7033061 Fax. 7033061
Medan Deli Serdang Sumatera Utara
KATA
PENGANTAR
Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas ijin dan
perlindungan yang diberikan kepada penulis sehingga Laporan Evaluasi Diri
Sekolah (EDS) SMP Swasta Darul Ilmi Murni ini dapat dibuat dengan baik.
Kebijakan pembangunan pendidikan nasional sebagaimana digariskan
dalam Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Nasional (2010-2014) diarahkan
pada upaya mewujudkan daya saing, pencitraan publik, dan akuntabilitas
penyelenggaraan pendidikan. Tolak ukur efektivitas implementasi kebijakan
tersebut dilihat dari ketercapaian indikator-indikator mutu penyelenggaraan
pendidikan yang telah ditetapkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dalam
delapan (8) Standar Nasional Pendidikan (SNP). Tidak dipungkiri bahwa upaya strategis
jangka panjang untuk mewujudkannya menuntut satu “Sistem Penjaminan Mutu
Pendidikan” yang dapat membangun kerja
sama dan kolaborasi di antara berbagai institusi terkait dalam satu keterpaduan
jaringan kerja nasional. Dengan kata lain, diperlukan pengembangan sistem
penjaminan mutu pendidikan. Tata kerja yang dibangun mengisyaratkan adanya
serangkaian proses dan prosedur untuk mengumpulkan, menganalisis, dan melaporkan data mengenai kinerja dan mutu
tenaga pendidik dan kependidikan, program, dan lembaga beserta rekomendasinya.
Laporan Evaluasi Diri SMP Plus Darul Ilmi Murni ini menyangkut: Standar Sarana dan Prasarana, Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian Pendidikan, Standar
Kompetensi Lulusan, Standar Pengelolaan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar
Pembiayaan.
Penulis mempunyai keterbatasan dalam membuat
Laporan yang sempurna, untuk itu diharapkan bimbingan dan perbaikan dari
Panitia dan Tim Diklat sehingga Penulis dapat memperbaikinya di masa yang akan
datang.
Atas bimbingan dan koreksi yang diberikan,
penulis sampaikan terima kasih.
Namorambe
24 Oktober 2011
Penulis
Wildan
Diapari Hasibuan, S.Pd
DAFTAR ISI LAPORAN EVALUSI DIRI SEKOLAH
Nomor |
Bagian |
Halaman |
Kata Pengantar |
2 |
|
Pendahuluan |
5 |
|
1. |
Standar Sarana dan Prasarana |
1 |
1.1. |
Apakah sarana sekolah sudah memadai? |
8 |
1.2. |
Apakah sekolah dalam kondisi terpelihara baik? |
11 |
2. |
Standar Isi |
13 |
2.1. |
Apakah kurikulum sudah sesuai dan relevan? |
14 |
2.2. |
Bagaimana sekolah menyediakan apa yang dibutuhkan dalam pengembangan pribadi pserta didik? |
16 |
3. |
Standar Proses |
17 |
3.1. |
Apakah silabus sudah sesuai dan relevan? |
18 |
3.2. |
Apakah RPP direncanakan untuk mencapai pembelajaran efektif? |
19 |
3.3. |
Apakah sumber belajar untuk pembelajaran dapat diakses dan dipergunakan secara tepat? |
20 |
3.4. |
Apakah pembelajaran menerapkan prinsip-prinsip PAKEM/CTL? |
21 |
3.5. |
Apakah sekolah memenuhi kebutuhan sarana peserta didik? |
22 |
3.6. |
Bagaimana cara sekolah mempromosikan dan mempertahankan etos pencapaian prestasi? |
23 |
4. |
Standar Penilaian Pendidikan |
24 |
4.1. |
Sistem apakah yang sudah tersedia untuk memberikan penilaian bagi peserta didik, baik dalam bidang akademik maupun non akademik? |
25 |
4.2. |
Bagaimana penilaian berdampak pada proses belajar? |
26 |
4.3. |
Apakah orang tua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka? |
27 |
5. |
Standar Kompetensi Lulusan |
28 |
5.1. |
Apakah peserta didik dapat mencapai prestasi akademik yang diharapkan? |
29 |
Apakah peserta didik dapat mengembangkan
potensi secara penuh sebagai anggota masyarakat?
|
30
|
Nomor |
Bagian |
Halaman |
6. |
Standar Pengelolaan |
31 |
6.1. |
Apakah kinerja pengelolaan berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat, dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak? |
32 |
6.2. |
Apakah ada tujuan dan rencana untuk perbaikan yang memadai? |
33 |
6.3. |
Dampak rencana pengembangan sekolah terhadap peningkatan hasil belajar |
34 |
6.4. |
Bagaimanakah cara pengumpulan
dan penggunaan data yang handal dan valid?
|
35 |
6.5. |
Bagaimana cara mendukung dan
memberikan kesempatan pengembangan profesi bagai para pendidik dan tenaga
kependidikan?
|
36 |
6.6. |
Bagaimana cara masyarakat
sekitar mengambil bagian dalam kehidupan sekolah?
|
37 |
7. |
Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan |
38 |
7.1. |
Apakah
pemenuhan jumlah guru dan pegawai lain sudah memenuhi?
|
39 |
8. |
Standar Pembiayaan |
41 |
8.1. |
Bagaimana sekolah mengelola keuangan? |
42 |
8.2. |
Upaya
apakah yang telah dilaksanakan oleh sekolah untuk mendapatkan tambahan
dukungan pembiayaan lainnya?
|
43 |
8.3. |
Bagaimana cara sekolah menjamin kesetaraan akses? |
44 |
Penutup |
45 |
PENDAHULUAN
1. Identitas Sekolah
-
Nama
Sekolah : SMP Swasta Darul Ilmi Murni
-
Nomor
Statistik Sekolah : 202070102760
-
Alamat : Jl. Besar Namorambe – Titikuning
-
Nomor
Telepon : 061-7033061
2. Identitas Kepala Sekolah
-
Nama : Wildan Diapari Hasibuan, S.Pd
-
Tempat,
Tgl. Lahir : Pasar Matanggor 09 Maret 1983
-
Alamat : Jln. Lukah Gg. Sejahtera No.29 R
Medan - Amplas
-
Nomor
Telepon / HP : 081376557732 / 085275231234
3. Jumlah Guru : 22 Orang
4. Jumlah Siswa : 115 Orang
Perkembangan Siswa 3
Tahun Terakhir
No
|
Kls
|
2008/2009
|
2009/2010
|
2010/2011
|
||||||
L
|
P
|
Jlh
|
L
|
P
|
Jlh
|
L
|
P
|
Jlh
|
||
1
|
I
|
44
|
12
|
56
|
28
|
22
|
50
|
13
|
14
|
27
|
2
|
II
|
28
|
17
|
45
|
13
|
9
|
22
|
26
|
19
|
45
|
3
|
III
|
30
|
22
|
52
|
29
|
8
|
37
|
15
|
10
|
25
|
Jumlah
|
102
|
51
|
153
|
70
|
39
|
109
|
54
|
43
|
97
|
5. “SMP Swasta Darul Ilmi Murni” yang berdiri sejak tahun 2005 adalah SMP yang memiliki Visi dan Misi
- VISI SEKOLAH
“Mewujudkan SMP Plus Darul
Ilmi Murni sebagai sekolah nasional yang menyelenggarakan pendidikan yang
bermutu dan terpadu untuk menghasilkan “Qur’ani Generation”
- MISI SEKOLAH
1. Membentuk siswa yang takwadan memiliki kepedulian terhadap lingkungan
maupun masyarakat sosial.
2. Membentuk siswa yang berkarakter, memiliki jati diri, sehat jasmani dan
rohani serta berakhlakul karimah.
3. Berprestasi dalam ilmu pengetahuan maupun teknologi.
4. Mengoptimalkan siswa untuk selalu responsive serta mahir di bidang ICT
dan Multi Media.
6. Kondisi lingkungan SMP Plus Darul Ilmi Murni berada di daerah Delisedang yang terletak di Jalan Besar Namorambe - Titikuning. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah favorit di Kabupate Deliserdang khusunya dan di Sumatera Utara pada umumnya. Sekolah ini telah berdiri sejak tahun 2005. Lulusan dari sekolah ini setiap tahun banyak memasuki SMA negeri favorit di seluruh Indonesia termasuk di Luar Negeri dan alumninya sudah banyak menduduki jabatan di berbagi Instansi Pemerintah maupun Swasta. Hal inilah yang membuat sekolah ini menjadi pilihan pertama bagi alumni SD termasuk sarana dan prasarana yang mendukung seperti ruangan yang telah dilengkapi ICT seperti Infokus, Laptop, AC dan jumlah siswa per kelas yang telah memenuhi standard sehingga siswa dapat belajar dengan tenang dan nyaman. Juga sekolah ini telah bebas mengakses jaringan internet (Wifi) serta ruangan laboratorium IPA, Komputer, Bahasa serta perpustakaan yang berbasis ICT. Disamping sarana olahraga seperti lapangan basket, kolam renang, badminton, futsal, volly yang telah tersedia.
1. STANDAR SARANA DAN PRASARANA |
||
1.1. Apakah sarana sekolah sudah memadai? |
||
Spesifikasi menurut standar sarana dan prasarana
|
||
Indikator Pencapaian |
||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
- Catatan mengenai ukuran ruangan, jumlah dan sarana prasarana- Jumlah peserta didik- Catatan peralatan dan sumber belajar- Catatan pengeluaran- Kondisi nyata lingkungan sekolah |
Lahan Sekolah :
-
Luas lahan 15
Hektare
-
Rasio luas lahan
terhadap peserta didik 165 m2
Bangunan Gedung
-
Rasio luas lantai
terhadap peserta didik 198 m2
-
Dilengkapi
instalasi listrik dengan daya 10.000 watt
Prasarana dan Sarana
1.
Ruang Kelas :
·
Banyaknya ruang
kelas 6 ruang
·
Banyaknya ruang
kelas yang memenuhi rasio minimum (2 m2/peserta didik) 6 ruang
·
Sarana ruang
kelas tersedia Infocus, komputer, AC/Kipas
|
|
2. Ruang
Perpustakaan
3. Laboratorium
IPA
·
Luas laboratorium 165 m2
·
Sarana laboratorium yang perlatan praktikum
4. Ruang
Pimpinan
·
Luas ruang pimpinan 31 m2
·
Sarana ruang pimpinan yang tersedia internet,
komputer,AC, telepon
5. Ruang Guru
6. Tempat
beribadah
·
Luas lantai 390 m2
·
Sarana yang tersedia kipas, peralatan sholat, bedug,
kamar mandi, aula, mikrofon, Al-Qur’an
7. Ruang UKS
·
Luas lantai 48 m2
·
Sarana yang tersedia AC, peralatan kesehatan, kamar
mandi
8. Kamar
Mandi
·
Jumlah kamar mandi 6 buah
·
Luas lantai tiap kamar mandi 48.80 m2
·
Setiap kamar mandi tersedia air yang cukup
·
Sarana yang tersedia air, closet, pembersih
9. Gudang
·
Luas lantai 80 m2
·
Sarana yang tersedia alat-alat pertukangan
|
||
10. Ruang
Sirkulasi
11. Tempat
Bermain / Berolahraga
·
Tempat bermain berfungsi sebagai area bermain, berolah raga, pendidikan
jasmani, upacara, dan kegiatan ekstra kurikuler.
·
Tempat Olahraga yang tersedia : Lapangan Basket,
Lapangan Volly, Lapangan Futsal, Kolam Renang, Lapangan badminton
·
Luas tempat bermain/berolah raga 2.592 m2.
·
Rasio tempat bermain/berolahraga 1 : 1,85 m2/peserta
didik
12. Ruang Tata
Usaha
·
Luas ruangan 31 m2
·
Sarana yang tersedia dalam ruang tata usaha
komputer, internet, AC
13. Ruang
Konseling
·
Luas ruangan 48 m2
·
Sarana yang tersedia dalam ruang konseling ruang
konsul dan kipas angin
|
1.2. Apakah sekolah dalam kondisi terpelihara dan baik? |
|||
Spesifikasi
dalam standar sarana dan prasarana
q Bangunan
Pemeliharaan bangunan dilaksanakan paling tidak setiap 5 tahun sekali Bangunan mudah, aman, dan nyaman untuk semua peserta didik, termasuk penyandang cacat . |
|||
Indikator Pencapaian |
|||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
|
· Catatan
pengeluaran
|
√ |
Pemeliharaan Bangunan
Kondisi Bangunan
·
Kemudahan Akses
ü Jalan menuju sekolah ada dan berfungsi
ü Sekolah kami mudah dijangkau
·
Keamanan
ü Sekolah kami dikelilingi pagar
ü Bangunan gedung dilengkapi dengan penangkal petir
ü Sekolah kami memiliki petugas keamanan / SATPAM
·
Kebersihan
ü Sekolah dalam keadaan bersih
ü Sekolah memiliki tempat sampah yang cukup
ü Sekolah kami memilki tempat pembuangan air
|
|
· Observasi |
|||
·
Pendapat peserta didik
|
√ |
||
·
Pendapat guru
|
√ |
||
·
Kehadiran peserta didik yang berkebutuhan khusus
|
√ |
||
.
·
Keindahan
ü
Keindahan terpelihara
ü
Sekolah memiliki taman yang terpelihara
ü
Sekolah kami rindang
·
Kenyamanan
ü
Suasana sekolah kami nyaman
ü
Suasana sekolah kami aman
|
2. STANDAR ISI |
|||
2.1. Apakah kurikulum sudah sesuai dan relevan? |
|||
Spesifikasi dalam standar isi
q Kerangka
kerja dasar dan struktur kurikulum
Kurikulum mata pelajaran memenuhi standar untuk jenis satuan pendidikan
q Kurikulum
untuk tingkat satuan pendidikan
Pengembangan
kurikulum pada tingkat satuan pendidikan mempergunakan panduan yang
memadai yang disusun BNSP.
Kurikulum
dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan karakter daerah, kebutuhan sosial
masyarakat dan kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran
|
|||
Bukti prestasi sekolah (Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
|
Silabus
dan RPP tersedia untuk semua
mata pelajaran dan semua tingkatan kelas di sekolah
|
√ |
Kerangka Dasar Kurikulum
- Kurikulum sekolah kami sesuai dengan standar,
standar kompetensi lulusan dan
panduan KTSP dan penyusunannya disesuaikan
dengan ciri khas dan kebutuhan
daerah
Struktur Kurikulum
- Kurikulum sekolah kami memuat 16 (mata pelajaran,
muatan local, pengembangan diri)
- Jumlah jam pembelajaran perminggu adalah 41 jam
pembelajaran
- Alokasi waktu tiap jam pembelajaran adalah 40 menit
- Jumlah minggu efektif dalam setahun 42 minggu
- Silabus tersedia untuk semua mata pelajaran, termasuk
mata pelajaran muatan local
- RPP tersedia untuk semua mata pelajaran, termasuk
mata pelajaran muatan local
|
|
Silabus dan RPP tersedia untuk mata
pelajaran tambahan untuk memenuhi kebutuhan daerah
|
√ |
||
Hasil wawancara dengan orang tua peserta
didik
|
√
|
||
Rancangan program remedial dan pengayaan |
√
|
||
Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran
- Sekolah kami memiliki Tim Pengembang Kurikulum
- Dalam penyusunan kurikulum kami melibatkan Kepala
Sekolah, Pendidik, Komite Sekolah, Konsultan
- Kami menyusun kurikulum menggunakan Panduan
Penyusunan Kurikulum dari BNSP
- Kurikulum sekolah kami disusun setiap tahun, 1 tahun sekali
- Kurikulum kami memuat muatan lokal yang disesuaikan
dengan kebutuhan daerah yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Arab
- Kurikulum kami memuat pengembangan diri yang
disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, yaitu kelompok karya ilmiah,
olimpiade, olahraga, sanggar dan seni
Rancangan program remedial dan pengayaan
- Struktur kurikulum
sekolah kami telah
mengalokasikan waktu yang cukupbagi
peserta didik agar dapat memamahi konsep yang baru
sebelum melanjutkan ke
pelajaran berikutnya dengan selalu
melaksanakan program remedial
dan pengayaan
|
..
2.2. Bagaimana sekolah menyediakan apa yang dibutuhkan dalam pengembangan pribadi peserta didik? |
|||
Spesifikasi dalam standar isi
§ Sekolah
mematuhi standar untuk memenuhi
kebutuhan pribadi peserta didik yang meliputi bimbingan, konseling dan kegiatan ekstra
kurikuler
|
|||
Bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
|
Hasil wawancara peserta didik
|
√
|
Ekstra Kurikuler :
- Kami menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler :
Taekwondo, Silat, Basket, Futsal, Renang, Kaligrafi, Tahsin Al-Qu’an,
Conversation
- Kami memnyelenggarakan berdasarkan kebutuhan peserta
didik (Jenis kelamin, minat, bakat,
dan usia peserta didik)
- Kami mengorganisasikan kegiatan ekstra kurikuler (Program/Perencanaan,
catatan kegiatan, evaluasi, rencana tidak lanjut)
Bimbingan
dan Konseling
- Kami menyelenggarakan kegiatan Bimbingan dan
Konseling
- Kami mengorganisasikan kegiatan Bimbingan dan
Konseling (Program/Perencanaan, catatan kegiatan, evaluasi, rencana tidak
lanjut)
|
|
Hasil wawancara orang tua peserta didik
|
√
|
||
Hasil observasi
layanan BK
|
√
|
||
Buku laporan layanan BK |
√
|
||
3. STANDAR PROSES BELAJAR |
|||
3.1. Apakah silabus sudah sesuai dan relevan dengan standar ? |
|||
Spesifikasi dalam standar proses belajarStandar proses belajar
A:
Silabus
Silabus
dikembangkan
berdasarkan
Standar
Isi, Standar
Kompetensi
Lulusan
dan Panduan
Kurikulum
(KTSP)
Silabus diarahkan pada pencapaian Standar Kompetensi Lulusan |
|||
Bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
|
Silabus tersedia untuk semua mata pelajaran dan
semua kelompok usia di sekolah
|
√
|
- 100% ( 20 orang) pendidik pada sekolah kami memiliki
silabus
- Silabus dikembangkan didasarkan pada Standar Isi,
Standar Kompetensi Lulusan dan KTSP
- Silabus mengarah pada pada pencapaian SKL
- Silabus selalu dikaji setiap tahun untuk disesuaikan
dengan perubahan kebutuhan pembelajaran.
|
100 %
|
Hasil wawancara dengan orang tua peserta
didik
|
√
|
||
Hasil wawancara dengan peserta didik |
√
|
||
..
3.2. Apakah RPP direncanakan untuk mencapai pembelajaran efektif ? |
|||
Spesifikasi dalam standar proses belajar
B: Rencana Pelaksanaan Pembelajar
Prinsip- prinsip perencanaan pembelajaran - Setiap guru harus mempersiapkan rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) mencakup identitas mata pelajaran, standar kompetensi,
tujuan belajar, bahan mengajar, alokasi waktu, metode belajar dan evaluasi. Kegiatan
belajar mencakup pendahuluan, kegiatan inti , dan penutup
|
|||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
|
Hasil kaji ulang RPP |
√
|
- 100 % ( 20 orang ) pendidik di sekolah kami menyusun
Program Semester dan Program Tahunan
- 100 % ( 20 orang ) pendidik memiliki Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
- RPP dikaji/direvieu setiap tahun
- RPP mencakup/memuat Identitas mata pelajaran, SK,
KD, Indikator pencapaian, Tujuan pembelajaran, Materi ajar, alokasi waktu,
Metode pembelajaran, Kegiatan pembelajaran, Penilaian hasil Belajar dan
sumber belajar
|
|
Hasil observasi kelas |
√
|
||
Hasil wawancara guru |
√
|
||
Hasil wawancara peserta didik |
√
|
||
.
3.3. Apakah sumber belajar untuk pembelajaran dapat diakses dan dipergunakan secara tepat? |
|||
Spesifikasi dalam standar proses belajar
Implementasi / Pelaksanan
Proses Belajar
·
Selain buku text pelajaran, guru menggunakan buku panduan guru, buku
pengayaan, buku referensi dan sumber belajar lainnya
|
|||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda pada jenis bukti berikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
|
Jumlah dan jenis buku pelajaran yang
dipergunakan
|
√
|
- Sumber belajar yang tersedia buku teks, buku
pengayaan, buku referensi, perpustakaan, laboratorium, Lingkungan dan lainnya
- Buku teks cukup untuk satu siswa satu buku
- Selain teks, guru menggunakan sumber belajar lainnya
yaitu Panduan guru, buku pengayaan, buku referensi, buku sumber belajar
lainnya
- Sebagian besar guru kami memanfaatkan lingkungan
sebagai sumber belajar
- Sebagian besar siswa memanfaatkan perpustakaan
sebagai sumber belajar
|
|
Ketersediaan dan penggunaan bahan bacaan pengayaan / tambahan |
√
|
||
Hasil observasi kelas menunjukkan penggunaan alat
peraga dan hasil karya peserta didik dipajang
|
√
|
||
Hasil wawancara dengan peserta didik
|
√
|
||
..
3.4. Apakah pembelajaran menerapkan prinsip-prinsip PAKEM/CTL? |
|||
Spesifikasi dalam standar proses belajar
q Implementasi proses belajar
Para
guru mengimplementasikan rencana belajar dengan mempergunakan metode yang
interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta
didik
Para
peserta didik
memperoleh kesempatan untuk melakukan
ekplorasi, elaborasi dan
konfirmasi
Para
Guru memiliki kemampuan mengimplementasikan pengelolaan kelas yang
efektif
|
|||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
|
Daftar jumlah siswa putus sekolah |
√
|
- 100 % (20 orang) pendidik melaksanakan pembelajaran
sesuai dengan RPP yang disiapkanny.
- Dalam proses pembelajaran 100 % (20 orang) pendidik
menggunakan metode yang interaktif,inspiratif, menyenangkan,menantang, dan
memotivasi peserta didik
- Dalam proses pembelajaran 100 % (20 orang) pendidik
menerapkan siklus pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan
menyenangkan, (eksploratif, kolaboratif, konfirmatif)
- 100 % (20 orang) pendidik mengelola kelas secara
efektif (mengatur tempat duduk sesuai
karakter pembelajaran, memajang hasil karya siswa)
|
|
Daftar kehadiran peserta didik |
√
|
||
Hasil wawacara dengan guru dan peserta didik |
√
|
||
Hasil observasi sesama guru |
√
|
||
Hasil observasi kegiatan pembelajaran |
√
|
||
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan kaji ulang setelah menyampaikan pengajaran |
√
|
||
3.5. Apakah sekolah memenuhi kebutuhan semua peserta didik? |
|||
Spesifikasi dalam standar proses belajar
q Perencanaan
proses belajar
Rencana
pembelajaran dengan memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal,
tingkat intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan
sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar
belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik.
q Implementasi proses belajar
Guru menggabungkan pendekatan tematis dan mendorong dipertimbangkanya isu
keanekaragaman dan lintas budaya
Guru menghargai pendapat peserta didik
Guru menghargai peserta didik tanpa memandang agama, ras, jenis kelamin
dan keadaan sosial ekonomi mereka
|
|||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
|
Prestasi peserta didik dalam Ujian Nasional |
√
|
Perencanaan Proses Belajar
- 100 % ( 20 orang) pendidik dalam menyusun Rencana
Pembelajaran memperhatikan segala perbedaan kebutuhan pada peserta didik
|
|
Catatan kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan |
√
|
||
Kehadiran peserta didik
|
√
|
||
Hasil observasi
sesama guru
|
√
|
||
Rencana pembelajaran (RPP) guru
|
√
|
||
Implementasi Proses Belajar
-
100 % pendidik
menggabungkan pendekatan tematis dan mempertimbangkan isu keanekaragaman dan
lintas budaya
-
100 % (20 orang)
pendidik menawarkan bantuan atau penjelasan tambahan bagi sebagian peserta
didik setelah jam sekolah
-
100 % (20 orang)
pendidik memberi respon positif terhadap pendapat yang dikemukakan peserta
didik
|
..
3.6.
Bagaimana cara sekolah meningkatkan dan mempertahankan semangat ber prestasi ?
|
|||
Spesifikasi dalam standar proses belajar
·
Implementasi
Proses Belajar
q Semua anak didik mendapat perlakuan adil dan pendapat mereka dihargai
q Guru-guru memberikan penguatan dan umpan
balik terhadap respons dan hasil belajar peserta didik selama proses
pembelajaran berlangsung
|
|||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
|
Hasil observasi terhadap sikap guru
terhadap anak didik, khususnya dalam hal memberikan pujian.
|
√
|
-
100% (20 orang) pendidik dalam
proses pembelajaran selalu menciptakan hubungan baik antara pendidik dan
peserta didik
-
Semua peserta didik kami
diperlakukan dengan hormat/baik dan diharapkan menunjukkan tanggung jawab dan
dukungan bagi sesama peserta didik
-
100 % (20 orang) pendidik selalu
memberi penghargaan kepada siswa yang menunjukkan keberhasilan
-
Peserta didik dan para pendidik
memiliki keinginan berprestasi dan mengharapkan pihak lainpun demikian
-
100 % (20 orang)
pendidik selalu memberi penguatan terhadap hasil belajar peserta didik dalam
proses pembelajaran berlangsung
|
|
Hasil pekerjaan peserta didik dipajang di
kelas
|
√
|
||
Hasil observasi perilaku guru yang relevan
|
√
|
||
4. Standar Penilaian |
|||
4.1 Sistem apakah yang sudah tersedia untuk memberikan penilaian bagi peserta didik baik dalam bidang akademik maupun non akademik ? |
|||
Spesifikasi dalam standar evaluasi
·
Guru membuat perencanaan penilaian terhadap pencapaian peserta didik
·
Guru memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria
penilaian termasuk Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM)
·
Guru melaksanakan penilaian pada interval yang reguler berdasarkan
rencana yang telah dibuat
·
Guru menerapkan berbagai teknik penilaian dan jenis penilaian untuk
memonitor perkembangan dan kesulitan peserta didik
|
|||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
|
Pencapaian peserta didik dalam Ujian Nasional |
√
|
- 100 % (20 orang) pendidik ) membuat perencanaan penilaian terhadap pencapaian peserta didik (Kisi-kisi soal, Naskah soal, Kunci Jawaban, Rubrik Penilaian)
-
100 % (20 orang)
pendidik meyusun KKM untuk mata pelajaran yang akan diujikan
-
100 % (20 orang)
pendidik menginformasikan rubrik penilaian dan KKM kepada peserta didik
-
100% (20 orang)
pendidik melaksanakan ulangan secara berkala sesuai dengan rencana untuk
setiap mata pelajaran
-
100 % (20 orang)
pendidik menerapkan berbagai tehnik dan jenis penilaian untuk memonitor
perkembangan dan berbagai kesulitan peserta didik (tes, observasi, penugasan,
unjuk kerja, diskusi, kerja kelompok)
|
|
Kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan (berdasarkan UH, UTS dan UAS) |
√
|
||
Wawancara dengan orang tua dan
peserta didik
|
√
|
||
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
|
√
|
||
4.2 Bagaimana penilaian berdampak pada proses belajar ? |
|||
Spesifikasi dalam standard proses belajar
q Evaluasi /
Penilaian oleh guru
Guru memberikan masukan dan
komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik
Guru mempergunakan hasil
penilaian untuk perbaikan pembelajaran
|
|||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
|
Pencapaian peserta didik dalam Ujian Nasional |
√
|
- 100 % (20orang) pendidik mereviu tingkat kemajuan semua peserta didik pada akhir setiap semester dan mempergunakan informasi untuk merencanakan program pembelajaran selanjutnya
-
100 % (20 orang)
pendidik menyusun dan melaksanakan analisa hasil belajar dan menyusun/melaksanakan
rencana tindak lanjutnya
-
100 % (20 orang)
pendidik melaksanakan perbaikan dan pengayaan terhadap peserta didik dan
melaporkan hasilnya kepada orangtua peserta didik
- 100 % (20 orang) pendidik secara rutin menyimpan catatan dan memastikan kemajuan peserta didik dalam tingkat yang sesuai dengan cara mempergunakan penilaian untuk memberikan masukan dalam perencanaan mereka
-
100% (20 orang)
pendidik melaporkan hasil penilaian yang disertai komentar perbaikan kepada
orangtua peserta didik
|
|
Kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan |
√
|
||
Wawancara dengan orang tua dan
peserta didik
|
√
|
||
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
|
√
|
||
4.3. Apakah orang tua peserta didik terlibat dalam proses
belajar anak mereka ?
|
|||
Spesifikasi dalam standar penilaian· Penilaian berdasarkan unit pendidikan
Sekolah melaporkan hasil penilaian mata pelajaran
untuk semua kelompok mata pelajaran
pada setiap akhir semester kepada orang tua/wali peserta didik dalam
bentuk buku laporan pendidikan
|
|||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
|
Wawancara
peserta didik
|
√
|
- Sekolah melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk buku laporan pendidikan
-
Sekolah
melaporkan hasil Bimbingan dan Konseling terhadap orangtua peserta didik
|
|
Wawancara orang tua
|
√
|
||
Wawancara
guru
|
√
|
||
Laporan
kegiatan sekolah
|
√
|
||
5. Kompetensi Lulusan
|
|||
5.1.
Apakah peserta didik dapat
mencapai pencapaian akademis yang diharapkan ?
|
|||
Spesifikasi dalam Standar Kompetensi Lulusan
q Hasil
belajar peserta didik sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan
|
|||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
|
Hasil
Ujian Nasional / Sekolah
|
√
|
-
Peserta ujian (
siswa kelas dua belas) memiliki rata-rata nilai ujian melebihi standar
ketuntasan belajar nasional pada seluruh mata pelajaran, sesuai standar
nasional pada mata pelajaran tertentu, masih di bawah standar nasional pada
mata pelajaran tertentu, masih di bawah standar nasional untuk semua mata
pelajaran
-
Siswa memiliki
rata-rata nilai (raport) melebihi standar ketuntasan belajar nasional pada
seluruh mata pelajaran, sesuai standar nasional pada mata pelajaran tertentu,
masih di bawah standar nasional pada mata pelajaran tertentu, masih di bawah
standar nasional untuk semua mata pelajaran
-
Pencapaian
prestasi akademik peserta didik mengalami kemajuan dari tahun ke tahun.
|
|
Hasil-hasil tes
|
√
|
||
Mutu pekerjaan sekolah yang dihasilkan dalam
bidang akademik
|
√
|
||
Hasil-hasil yang dicapai
secara perorangan atau bersama
|
√
|
||
..
5.2.
Apakah peserta didik dapat
mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat ?
|
|||
Spesifikasi dalam Standar Kompetensi Lulusan
q Sekolah
mengembangkan kepribadian peserta didik
q Sekolah
mengembangkan ketrampilan hidup
q Sekolah
mengembangkan nilai-nilai agama, budaya dan pemahaman atas sikap yang dapat
diterima
|
|||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
|
Catatan pencapaian pribadi dan sosial peserta
didik
|
√
|
-
100 % peserta
didik berperilaku sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku
-
100 % peserta
didik menerapkan ajaran agama dalam kehidupan mereka secara konsisten
-
Potensi dan minat
dari 100 % peserta didik telah
berkembang melalui partisipasi mereka dalam berbagai jenis kegiatan
-
Sekolah
menyediakan berbagai kegiatan pengembangan diri
|
|
Kehadiran peserta didik pada kegiatan ekstra
kurikuler
|
√
|
||
Pencapaian dalam olahraga
|
√
|
||
Catatan mengenai program budaya
|
√
|
||
6.
Standar Pengelolaan
|
|||
6.1.
Apakah kinerja
pengelolaan berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang
kuat dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak ?
|
|||
Spesifikasi dalam standar pengelolaan· Perencanaan Program
q Sekolah
merumuskan visi dan misi serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan pihak berkepentingan
q Rencana
kerja tahunan dijadikan dasar pengelolaan sekolah/madrasah yang ditunjukkan
dengan kemandirian, kemitraan,
partisipasi, keterbukaan dan akuntabilitas
|
|||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
|
Pernyataan Visi dan Misi
sekolah
|
√
|
-
Sekolah memiliki
Komite Sekolah
-
Komite Sekolah
memiliki Struktur Organisasi yang lengkap dengan tupoksi, AD ART, Rencana
Kerja, Catatan Kegiatan, Kep Mendiknas RI. No. 044/U/202. Tentang Dewan
pendidikan dan Komite Sekolah, dan UU. Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003
Tingkat Sisitem Pendidikan Nasional
-
Sekolah memiliki
Visi dan Visi
-
Dalam perumusan dan
penyusunan Visi dan Misi sekolah melibatkan Kepala Sekolah, Pendidik, Tenaga
Kependidikan, Komite Sekolah, Orangtua peserta didik, Tokoh masyarakat
sekolah
-
Visi dan Misi
Sekolah disosialisasikan kepada Semua warga sekolah, Orangtua Siswa,
Masyarakat Sekitar
-
Visi dan Misi telah
difahami oleh Semua warga sekolah, Orangtua Siswa, Masyarakat Sekitar
-
Sekolah merevieu
Visi dan Misi secara berkala
-
Kepala Sekolah
memiliki Rencana Kerja
-
Pimpinan sekolah
kami mendorong evaluasi diri dan memperkuat budaya dimana seluruh staf merasa
mampu dan percaya diri membangun mutu
baik di kelas maupun di luar kelas sesuai
Rencana Kerja Sekolah
|
|
Dokumen penyebarluasan rumusan visi dan misi
kepada pemangku kepentingan
|
√
|
||
Agenda/catatan hasil pertemuan komite sekolah
|
√
|
||
Dokumen/bukti
lainnya
|
√
|
||
..
6.2.
Apakah ada tujuan dan rencana untuk perbaikan yang memadai ?
|
|||
Spesifikasi dalam standar pengelolaan
·
Perencanaan Program
Sekolah merumuskan tujuan yang jelas dan rencana
kerja untuk pengembangan dan perbaikan dan disosialisasikan kepada warga
sekolah dan pihak yang berkepentingan
|
|||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
|
Tujuan dan Rencana Pengembangan Sekolah /
RPS - Rencana Kerja Sekolah / RKS
|
√
|
- Sekolah memilik rencana kerja yang jelas dan relevan untuk jalannya sekolah dengan lancar
-
Dalam menyusun
program kerja, kepala sekolah melibatkan Pendidik, Tata Usaha, Penjaga,
Peserta Didik
-
Rencana kerja sekolah disosialisasikan kepada peserta didik, orang
tua, pendidik, tenaga kependidikan, pemangku kepentingan agar dipahami dengan baik
-
Sekolah
mengevaluasi program kerja secara berkala dan membuat program tindak lanjut
hasil evaluasi
-
Sekolah menyusun
tujuan sekolah yang dibuat berdasarkan hasil yang akan dicapai bagi para
peserta didik dan sejalan dengan prioritas daerah dan pusat
-
Tujuan sekolah disosialisasikan kepada peserta didik,
orang tua, pendidik, tenaga kependidikan, pemangku kepentingan agar dipahami
dengan baik
-
Sekolah menyusun
Rencana Pengembangan Sekolah
-
Rencana
Pengembangan Sekolah didasarkan pada hasil Evaluasi Diri Sekolah
-
Rencana
Pengembangan Sekolah disosialisasika kepada warga sekolah, masyarakat sekitar
|
|
Pendokumentasian dan sosialisasi RPS-RKS
|
√
|
||
..
6.3.
Dampak Rencana Pengembangan Sekolah
/ Rencana Kerja Sekolah terhadap
peningkatan hasil belajar?
|
|||
Spesifikasi dalam standar pengelolaan
Perencanaan Program
q Rencana Kerja tahunan
dinyatakan dalam rencana kegiatan dan anggaran sekolah/madrasah dilaksanakan
berdasarkan rencana jangka menengah
Supervisi dan Penilaian
q Sekolah melakukan
evaluasi diri terhadap kinerja sekolah
q Sekolah menetapkan
prioritas indikator untuk mengukur, menilai kinerja, dan melakukan perbaikan
dalam rangka pelaksanaan SNP
|
|||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
|
Laporan evaluasi diri sekolah
|
√
|
-
Sekolah menyusun
RKAS sebagai implementasi Rencana Kerja Tahunan yang didasarkan pada rencana
jangka menengah
-
Sekolah
melaksanakan melaksanakan evaluasi
diri sekolah secara berkala
-
Sekolah
menyusun menyusun Laporan Evaluasi
Diri sekolah
-
Sekolah
membua membuat Rencana Tindak Lanjut dari
hasil evaluasi diri sekolah
-
Sekolah
menyusun menyusun indicator keberhasilan sekolah
-
Sekolah
menetapkan menetapkan prioritas kegiatan perbaikan kinerja sekolah
-
Sekolah
mensosialisasikan mensosialisasikan indicator keberhasilan dan prioritas
perbaikan kinerja
|
|
Kemajuan dalam implementasi rencana pengembangan
sekolah
|
√
|
||
Interviu dengan peserta didik
|
√
|
||
Interviu dengan orang tua
|
√
|
||
Laporan guru kepada
kepala sekolah mengenai pencapaian mereka
|
√
|
||
....
6.4.
Bagaimanakah cara pengumpulan dan penggunaan data yang
handal dan valid ?
|
|||
Spesifikasi dalam standar pengelolaan
q Sekolah
mengelola sistem informasi pengelolaan dengan cara yang memadai, efektif,
efisian dan dapat dipertanggung jawabkan
q Sekolah
menyediakan sistem informasi yang efisien, efektif dan dapat diakses
q Sekolah
menyediakan laporan dan data yang dibutuhkan oleh kabupaten dan tingkatan
lain dalam sistem
|
|||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
|
Informasi dan data mutakhir dan dapat diandalkan
|
√
|
-
Sekolah memiliki
program pengelolaan informasi berupa perencanaan, pelaksanaan, evaluasi,
tindak lanjut
-
Sarana informasi
yang tersedia Website, telepon, papan pengumuman
-
Stake holder mudah
mengakses informasi tentang pengelolaan sekolah
-
Sekolah memiliki
petugas pelayanan informasi
-
Sekolah memiliki
data pengelolaan sekolah yang lengkap
-
Sekolah melaporkan
data pengelolaan sekolah kepada dinas terkait secara rutin
|
|
Rencana Pengembangan sekolah berdasarkan
bukti-bukti yang ditujukan dari data
|
√
|
||
Diknas kabupaten memiliki catatan mengenai kegiatan dan pencapaian
sekolah
|
√
|
||
..
6.5.
Bagaimanakan cara mendukung dan memberikan kesempatan
pengembangan profesi bagi para guru dan tenaga kependidikan
|
|||
Spesifikasi dalam standar pengelolaan
Pendidik
dan Tenaga Kependidikan
q Sekolah
mengatur kefektifan program pendidik dan tenaga kependidikan, termasuk
pengembangan profesi
Supervisi dan Evaluasi
q Supevisi
dan evaluasi terhadap pendidik dan tenaga kependidikan dilaksanakan sesuai dengan
standar guru dan tenaga kependidikan
|
|||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
|
Penilaian tahunan guru dan pegawai lain oleh
kepala sekolah
|
√
|
-
Sekolah memiliki
program pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan
-
Program
pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan yang dilaksanakan sekolah
adalah pembagian tugas, pemberian penghargaan, pengembangan profesi
-
Sekolah mempromosikan pendidik dan tenaga kependidikan
-
Sekolah memiliki
program peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan
-
Sekolah
memfasilitasi pendidik dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan
kompetensinya
-
Kepala Sekolah
membuat program supervisi pengelolaan secara rutin dan berkala
-
Kepala Sekolah
melaksanakan supervisi pengelolaan dan menindaklanjutinya sesuai program yang
telah dibuat
-
Kepala Sekolah
membuat supervisi pembelajaran secara rutin dan berkala
-
Kepala Sekolah
melaksanakan supervisi pembelajaran dan menindaklanjutinya sesuai program
yang telah dibuat
|
|
Interviu guru
|
√
|
||
Observasi
|
√
|
||
Laporan guru kepada kepala sekolah mengenai
prestasi yang dicapai
|
√
|
||
Perbaikan dan pengembangan guru dari waktu ke
waktu
|
√
|
||
..
6.6.
Bagaimanakan cara masyarakat daerah mengambil bagian
dalam kehidupan sekolah?
|
|||
Spesifikasi dalam standar pengelolaan
q Sekolah
melibatkan anggota masyarakat dan publik dalam mengelola aspek non akademis
sekolah
q Warga
sekolah harus dilibatkan dalam pengelolaan akademis dan non akademis
|
|||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
|
Catatan mengenai dukungan komite sekolah
|
√
|
-
Masyarakat pendukung sekolah
dilibatkan dalam pengelolaan non akademik
-
Sekolah menjalin
kemitraan dengan Komite Sekolah, Masyarakat sekitar, Lembaga kemasyarakatan,
Dunia Usaha, Pemerintah setempat, Sekolah mitra, Asisiasi alumni dalam
kegiatan non akademik
-
Semua warga sekolah
terlibat dalam semua kegiatan sekolah
|
|
Tingkat pendaftaran peserta didik
|
√
|
||
Interviu dengan perwakilan masyarakat setempat
|
√
|
||
7. STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA PENDIDIKAN |
|||
7.1.
Apakah pemenuhan jumlah guru dan pegawai lain sudah
memadai ?
|
|||
Spesifikasi dalam standar pendidik dan tenaga kependidikan
q Jumlah
pendidik dan
tenaga kependidikan
memenuhi standar
q Kualifikasi
pendidik dan
tenaga kependidikan
memenuhi standar
q Pendidik dan tenaga kependidikan memenuhi standar kompetensi
|
|||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
|
Jumlah dan kualifikasi guru
|
√
|
Kepala Sekolah
-
Tingkat
pendidikan Kepala Sekolah S-1
-
Jenis Pendidikan
: Kependidikan
-
Kepala Sekolah belum
tersertifikasi
Guru
-
Jumlah guru mata
pelajaran 20 orang, cukup
-
100 % (20 orang)
guru berijazah pendidikan
-
100 % (20 orang
guru) memiliki latar pendidikan sesuai dengan mata pelajaran yang
diajarkannya
|
|
Jumlah dan kualifikasi tenaga pendidik
|
√
|
||
Beban mengajar guru
|
√
|
||
Laporan
kepala sekolah mengenai supervisi guru
|
√
|
||
Penilaian
terhadap guru dan tenaga pendidik
|
√
|
||
Tenaga Kependidikan yang kami miliki :
-
PNS Jumlah 2
orang, NON PNS Jumlah 2 Orang ,Tidak Cukup
-
PNS
Pendidikan SMA = 2, NON PNS D3=1 + SMA = 1
-
Jumlah 1 orang,
cukup
-
Pendidikan Dokter
= 1
-
Jumlah 1 orang,
Tidak cukup
-
Pendidikan D3 = 1
-
Jumlah 5 orang,
cukup
-
Pendidikan S1 = 5
-
Jumlah 1 orang,
Tidak cukup
-
Pendidikan SD = 1
-
Jumlah 1 orang,
Tidak cukup
-
Pendidikan SD = 1
-
Jumlah 1 orang,
Tidak Cukup cukup
-
Pendidikan SMP =
1
|
8. Standar Pembiayaan
|
|||
8.1 Bagaimana
sekolah mengelola keuangan?
|
|||
Spesifikasi dalam standar pembiayaan
Pengelolaan keuangan
sekolah
q Anggaran sekolah
dirumuskan merujuk peraturan pemerintah pusat dan daerah
q Pengelolaan keuangan
sekolah transparan, efisien, dan akuntabel.
q Sekolah membuat
pelaporan keuangan kepada pemerintah
dan pemangku kepentingan.
|
|||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
|
RAPBS jangka panjang, menengah, dan tahunan
|
√
|
-
RAPBS dirumuskan merujuk pada
peraturan pemerintah.
-
Penyusunan RAPBS melibatkan Kepala sekolah,
Pendidik, Tenaga Kependidikan, Komite Sekolah, Orangtua Peserta Didik, Tokoh
Masyarakat
-
Sekolah melakukan pembukuan keuangan yang
dilengkapi dengan bukti pengeluaran yang sah.
-
Sekolah memajang laporan kinerja efektifitas
anggaran di Ruang Kepala Sekolah
-
Pendapatan dan pengeluaran
keuangan sekolah dilaporkan secara periodik kepada pemerintah dan pemangku
kepentingan.
-
Sekolah melakukan
pertanggung jawaban penggunaan keuangan
secara menyeluruh kepada pemerintah dan pemangku kepentingan.
|
|
Laporan pendapatan dan penggunaan keuangan
sekolah kepada pemerintah dan pemangku kepentingan.
|
√
|
||
Pembukuan keuangan sekolah
|
√
|
||
Wawancara dengan komite sekolah dan pemangku
kepentingan yang relevan
|
|||
Catatan hasil pertemuan dengan komite sekolah
dan pemangku kepentigan yang relevan.
|
√
|
||
8.2 Upaya apakah yang telah dilaksanakan oleh
sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya?
|
||||||
Spesifikasi dalam standar pembiayaan
q Sekolah memiliki kapasitas untuk mencari dana
dengan inisiatifnya sendiri
|
||||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
||||
RAPBS jangka panjang, menengah, dan tahunan
|
√
|
- Sekolah kami menjalin kemitraan dengan BANK SUMUT
-
Sekolah kami
mengembangkan hubungan kerjasama dengan pemangku kepentingan khususnya orang
tua yang mampu membantu sekolah kami
-
Sekolah kami melanjutkan hubungan kami dengan alumni.
|
||||
Catatan alumni
|
√
|
|||||
Catatan hasil pertemuan dengan pemangku
kepentigan yang relevan
|
√
|
|||||
Catatan pendapatan dari semua sumber
|
√
|
|||||
Interviu dengan komite sekolah dan pemangku
kepentigan yang relevan.
|
√
|
|||||
8.3 Bagaimana cara sekolah menjamin kesetaraan akses? |
||||||
Spesifikasi dalam standard pembiayaan
q SPP siswa sekolah ditentukan berdasarkan kemampuan ekonomi orang tua
q Sekolah melakukan subsidi silang kepada siswa kurang mampu di bidang
ekonomi
|
||||||
Bukti-bukti prestasi sekolah(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut) |
Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Tingkat yang dicapai |
||||
Angka peserta didik yang masuk dan keluar |
√
|
-
Sekolah kami tidak membebaskan semua peserta
didik dari segala bentuk pembiayaan penyelenggaraan pendidikan.
-
Sekolah kami menerima semua anak usia sekolah
dari berbagai tingkatan sosial ekonomi.
|
||||
Wawancara dengan anak didik |
√
|
|||||
Wawancara dengan orang tua
|
√
|
|||||
Wawancara dengan yang mewakili masyarakat
|
√
|
|||||
Wawancara perwakilan masyarakat daerah
|
√
|
|||||
Catatan SPPyang dibayarkan
|
√
|
|||||
Tingkat putus sekolah
|
√
|
|||||
PENUTUP
Demikian Laporan Evaluasi
Diri SMP Swasta Darul Ilmi Murni Tahun Pelajaran 2011/2012 dibuat sesuai dengan
data yang ada, kami yakin masih banyak kekurangan untuk itu kami mengharapkan
bimbingan dan arahan serta kritik yang membangun demi perbaikan Laporan
Evaluasi Diri SMP Swasta Darul Ilmi Murni untuk selanjutnya.
Atas bimbingan dan arahan
yang diberikan kami haturkan terima kasih.
Namorambe
24 Oktober 2011
Ketua Komite, Kepala
SMP Swasta Darul Ilmi Murni
SMP Swasta Darul Ilmi Murni
Dra. Sri Hastini Wildan
Diapari Hasibuan, S.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar